Candy Cupcake
This is Nurul's blog, proudly member of MITREKA SATATA, and thanks for visit.
PENGERTIAN TARI GANDRUNG
Kamis, 26 April 2012 | 18.49 | 0 candies

A.             Pengertian Tari Gandrung

Kata "Gandrung" diartikan sebagai terpesonanya masyarakat Blambangan yang agraris kepada Dewi Sri sebagai Dewi Padi yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
Gandrung merupakan kesenian asal Banyuwangi. Kesenian gandrung merupakan induk dari kesenian Banyuwangi. Gending-gending dari gandrung terdiri dari angklung selisih satu perangkat, janik dua perangkat,dan gamelan. Dahulu gandrung di tarikan oleh laki-laki dengan memakai pakaian wanita pada saat menari yang di sebut gadrung lanang.
Dalam menari gandrung harus ada sesajen yang orang Banyuwangi sering menyebutnya “peras”. Peras di letakkan di ruang rias dan ruang pemain agar para pemain gadrung tidak mengalami sakit. Gandrung di tampilkan pada saat acara pernikahan. Di Banyuwangi banyak sekali orang yang ingin menampilkan tari gandrung pada saat menyelenggarakan acara jika kelompok penari gandrung mengalami kesamaan jadwal dengan penyelenggaraan acara penampilan maka yang menyelenggarakan acara pasti membatalkan acaranya dan mengikuti jadwal penari gandrung.
Gandrung mempunyai fungsi sebagai tarian pergaulan seperti tari-tari. Gandrung Banyuwangi mempunyai tahapan :
-      Jejer gandrung yaitu menari sendiri tanpa ada pasangan atau teman pada saat     menari.
-      Pacu gandrung yaitu melayani tamu yang datang di acara tersebut.
-      Semblangan suguh yaitu menyanyi lagu pada saat menari gandrung.Lagu-lagu   tersebut memberi nasehat kepada penonton yang datang pada acara tersebut.
Jalur gandrung ada 2 :
-    Secara akademis lebih berbobot dan terarah
-    Secara tradisional lebih dekat dengan masyarakat
Tari gandrung memiliki keindahan dari cara tariannya dan tari itu di bawakan. Sekarang ini jarang sekali orang yang dapat menari tradisional padahal banyak sekali tari tradisional di Indonesia salah satunya yaitu tari gadrung yang merupakan tarian asal Banyuwangi.
Dalam penampilannya tari gandrung harus memakai sesajen atau peras yang di sajikan di ruang rias dan ruang pemain yang merupakan pandangan hidup agar para pemain tidak mengalami sakit karena jika mereka mengalami sakit maka mereka tidak dapat menari.
Penari gandrung harus menjaga dirinya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di iginkan bagi dirinya, iapun harus rendah hati kepada penonton karena itu merupakan tanggung jawab yang besar bagi para penari gandrung untuk dapat menghibur penonton yang hadir.